Macam macam penyakit paru paru dan cara mengatasinya..??

Macam macam penyakit paru paru dan cara mengatasinya..??

1. Penyakit (sebenernya bukan "disease", tapi "disorder" gt bhs inggrisnya) pada Jalan nafas.
Contohnya Asma, ini gangguan pada jalan nafas bawah..bukan paru-nya sih. Jalan nafas yg terganggu misalnya Bronchiolus, bronkus...gitu ada sumbatan...atau menyempit...
Cara mengatasi asma sih, ya diberi bronchodilator (yang melebarkan bronchus...supaya lancar)
2. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK atau Inggrisnya Chronic Obstruktif Pulmonary Disease - COPD)
Penyakit ini ya berarti ada sumbatan di paru gitu. Gejalanya itu batuk berdahak dan nafas yg pendek. Penyakit ini utamanya disebabkan oleh rokok. Pnanganannya...humm...gimana ya? penyakit ini prognosis (harapan sembuhnya) buruk sih. Tapi intinya terapinya ya dengan berhenti merokok dan terapi oksigen. Obat2 bronchodilator juga bisa digunakan, tapi untuk menghilangkan gejala aja, bukan menyembuhkan. Trus, rehabilitasi juga ada...dengan latihan fisik yang teratur. Selain itu juga ada terapi operasi, yaitu transplantasi paru.
3. Bronchiectasis
Di penyakit ini terjadi pelebaran bronchus yang abnormal, dan kerusakan dinding bronchus. Penyebabnya misalnya infeksi paru, sumbatan jalan nafas, respon imun yg kurang thdp benda asing, seperti rokok.
Penanganan: kalo karena infeksi ya antibiotik. Bronchodilator juga sering diberikan
4. Pneumonia
Ini termasuk penyakit infeksi, bisa karena bakteri H.Influenzae, S.aureus, S.pneumoniae, dsb. Gejalanya: sesak nafas, batuk, demam, berkeringat. Penanganan: antibiotik sesuai bakteri penyebabnya. Cara tau bakterinya ya bakteri itu dikultur, diambil dari dahak yang dikeluarin kalo batuk itu.
5. Tuberculosis paru
Gejalanya: turun berat badan, rasa capek berlebih, demam, berkeringat malam hari, dan batuk. Disebabkan M. tuberculosis. Ati2 nular banget.
Penanganan: kombinasi antibiotik, diberikan dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan. Biasanya kombinasi dari Isoniazid, Rifampin, Pyrazinamide, dan Ethambutol. Sering ditambahkan Streptomycin. Jadwal minum obat tergantung keparahannya, dan jenisnya. Beda lagi terapi buat orang yg TBC, tapi juga punya AIDS.
6. Tumor Paru
wa banyak banget! ada tumor ganas dan jinak. Kalo yg sering disebabkan oleh rokok itu Squamous Cell Carcinoma. Trus ada Adenocarcinoma juga,,,lhah banyak. Penanganan buat tumor biasanya ya dioperasi, diambil tumornya, sama organnya kalo sudah menjalar.

yah, segitu yang saya bisa ketik...
semoga membantu...

materi referensi:

Current Medical Diagnosis and Treatment 2008 International Edition, McGraw Hill

0 Responses